7 Jenis Udang Air Tawar yang Cocok untuk Dibudidayakan di Kolam Rumah

7 Jenis Udang Air Tawar yang Cocok untuk Dibudidayakan di Kolam Rumah
Udang air tawar adalah salah satu jenis udang yang banyak dibudidayakan di seluruh dunia. Udang ini memiliki berbagai manfaat, mulai dari sumber protein hingga menjadi komoditas ekspor. Di Indonesia sendiri, budidaya udang air tawar telah lama dilakukan oleh para petani dan nelayan. Selain itu, budidaya udang air tawar juga cocok untuk dilakukan di rumah. Berikut adalah 7 jenis udang air tawar yang cocok untuk dibudidayakan di kolam rumah.

1. Udang Galah (Macrobrachium Rosenbergii)

Udang galah merupakan salah satu jenis udang air tawar yang paling populer di Indonesia. Udang ini mudah ditemukan di sungai-sungai dan rawa-rawa di seluruh wilayah negara ini. Ukuran tubuhnya cukup besar dengan panjang antara 5-15 cm. Warna tubuhnya beragam, mulai dari putih, abu-abu, hijau, sampai kemerahan. Udang galah sangat cocok untuk dibudidayakan di kolam rumah karena ia dapat hidup dengan baik di lingkungan yang tidak terlalu asin.

2. Udang Putih (Penaeus Monodon)

Udang putih atau lebih dikenal dengan nama udang vaname adalah salah satu jenis udang air tawar yang populer di Indonesia. Ia memiliki warna tubuh yang putih cerah dengan beberapa garis hitam di bagian punggungnya. Panjang tubuhnya berkisar antara 8-20 cm. Udang putih sangat cocok untuk dibudidayakan di kolam rumah karena ia dapat hidup dengan baik di lingkungan yang tidak terlalu asin.

3. Udang Harimau (Caridina Cantonensis)

Udang harimau adalah salah satu jenis udang air tawar yang populer di Indonesia. Ia memiliki warna tubuh yang unik dengan pola berwarna hitam dan putih. Panjang tubuhnya berkisar antara 2-4 cm. Udang harimau sangat cocok untuk dibudidayakan di kolam rumah karena ia dapat hidup dengan baik di lingkungan yang tidak terlalu asin.

4. Udang Siam (Macrobrachium Lanchesteri)

Udang Siam adalah salah satu jenis udang air tawar yang populer di Indonesia. Ia memiliki warna tubuh yang unik dengan pola berwarna hitam dan putih. Panjang tubuhnya berkisar antara 4-7 cm. Udang Siam sangat cocok untuk dibudidayakan di kolam rumah karena ia dapat hidup dengan baik di lingkungan yang tidak terlalu asin.

5. Udang Kecil (Neocaridina Heteropoda)

Udang kecil adalah salah satu jenis udang air tawar yang populer di Indonesia. Ia memiliki warna tubuh yang unik dengan pola berwarna hitam dan putih. Panjang tubuhnya berkisar antara 1-2 cm. Udang kecil sangat cocok untuk dibudidayakan di kolam rumah karena ia dapat hidup dengan baik di lingkungan yang tidak terlalu asin.

6. Udang Jepang (Paracaridina Sp.)

Udang Jepang adalah salah satu jenis udang air tawar y